Tuesday, 9 November 2010

Jurus Ringan Hemat BBM ala BMW (Bagian 1)

Jurus Ringan Hemat BBM ala BMW (Bagian 1)




bimmerfest
Jangan pasang rak atap (roof rack) jika tidak diperlukan
BENOA, KOMPAS.com — Dari gelaran Eco Drive Day 2010 yang diselenggarakan BMW Asia di Bali, pekan lalu, ada tips singkat menghemat bahan bakar dan menyelamatkan lingkungan. Tak hanya buat BMW, tips ini juga bisa diterapkan pada mobil lainnya. "Yang berbeda hanya teknologi yang ada di mobil," ujar Bettina Schmidt, instruktur mengemudi BMW dari Jerman.

Menurut Bettina, ada dua trik menghemat bahan bakar. Pada tulisan pertama ini dia memberikan cara terkait persiapan kendaraan. "Yang paling utama adalah melakukan servis berkala sesuai dengan buku petunjuk pemakaian," ujar Bettina.

Inilah bagian-bagian dalam mempersiapkan kendaraan tersebut:

- Lakukan pemeriksaan tekanan angin ban secara rutin, minimal satu bulan sekali. Sesuaikan dengan beban yang akan diangkut.

- Lepas aksesori yang mengganggu aerodinamika. Contohnya, rak atap dan rak sepeda. Kelengkapan ini dapat mengurangi nilai aerodinamika hingga 60 persen. Tanpa rak tersebut, pengemudi dapat menghemat konsumsi bahan bakar mobil hingga 10 persen.

- Kurangi beban tak perlu di dalam kabin dan bagasi. Ada kebiasaan bahwa pemilik terkadang membiarkan barang-barang yang jarang diperlukan untuk tetap berada di mobil. Semisal, kotak perkakas, kotak minuman, atau perlengkapan pribadi. Bila semua itu disingkirkan, maka bahan bakar bisa dihemat hingga 3 persen.
- Jangan gunakan fitur elektronik yang tidak diperlukan. Sebagai contoh, di negara tropis seperti Indonesia, kursi dengan pemanas jelas sebuah pemborosan. Penyejuk kabin (AC) jika memang tak diperlukan dapat mengurangi beban mesin mobil, atau pilih mode pendinginan yang paling ringan.
Setelah ini, jurus berikutnya, teknik mengemudi yang bisa menghemat BBM.
Penulis: BBB
Editor: Bastian

No comments:

Post a Comment