Tuesday, 9 November 2010

Magnum Monosteel dengan Skirt Pinggang Ganda




Federal-Mogul
Desain skirt piston Magnum Monosteel dari Federal Mogul.
SOUTHFIELD, KOMPAS.com – Regulasi emisi yang semakin ketat, membuat semua perusahaan otomotif di dunia,  harus mampu memproduksi komponen hemat energi. Tuntutan tidak hanya untuk produsen mobil, juga pemasok komponen. Untuk itulah,  Federal-Mogul, salah produsen piston di dunia terkenal dari Southfield, Michigan, Amerika Serikat, memperkenalkan produk terbarunya Magnum Monosteel.
Piston ini  desainnya dinilai unik karena menggunakan skirt “pinggang  ganda” (double band). Satu hal lagi, piston dirancang khusus untuk mesin diesel yang digunakan buat kendaraan besar, seperti truk dan bus dan dikatakan sebagai Monosteel generasi terbaru.
Lebih Ringan
Klaim dari perusahaan tersebut, desain baru menggurangi bobot piston sampai 7 persen dibandingkan dengan versi konvensional. Di samping itu, mengurangi gesekan sehingga  mesin menjadi lebih irit konsumsi bahan bakarnya sekali bisa menekan emisi gas buang serendah mungkin.
Kunci utama dari piston Magnum ini menurut adalah rancangan skirt piston “double- band” atau pinggang  ganda. Ini untuk pertama kali piston tipe ini digunakan pada mesin diesel moderen.
Dengan desain baru ini, hambatan gesek berkurang karena  luas permukaan skirt pinggang piston berkurang sampai 40 persen. Klaim Federal-Mogul, hasil tes ekstensif terhadap mesin yang menggunakan piston ini, gesekannya turun sampai 17 persen dibandingkan dengan versi baja dengan desain konvensional.
Pelumasan
Piston Magnum ini juga lebih baik untuk pelumasan hidrodinamik dibandingkan dengan desain skirt piston konvensional. Hasilnya, stabilitas kerja piston makin mantap, termasuk daya tahan ringnya.
Piston Monosteel asli dan Magnum Monosteel baru telah dipatenkan oleh Federal Mogul, terutama desain kontruksi skirt pinggang gandanya. Dijelaskan pula, desain ini memungkinkan piston memperoleh pendinginan lebih baik,  tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi pada mesin diesel moderen. 
Seperti piston Monosteel asli yang telah mencapai produksi 3,5 juta biji, Magnum juga punya karakteristik, tahan terhadap pengaruh termal, mekanikal, abrasi dan korosi yang tinggi. Piston Magnum Monosteel ini  akan dites bersama dengan produsen mesin dan kendaraan komersial di Eropa dan Amerika Serikat.
“Dengan piston Magnum ini, Federal-Mogul kembali  berhasil menunjukan mampu melakukan  inovasi terhadap arsitektur piston mesin untuk kendaraan berat. Sebelumnya, kami sudah membuktikan kehebatan Monosteel berdasarkan desainya  yang kami lakukan,” kata Rainer Jueckstock, Wakil Presiden Senior “Powertrain Energy” dari Federal-Mogul.
“Seperti piston Monosteel, Magnum  juga membuat kerja mesin makin efisien sehingga  mampu mencapai standar emisi yang makin ketat,” tukasnya.
Penulis: ZBJ
Editor: Zulkifli BJ

No comments:

Post a Comment