Friday, 4 July 2014

5 Bukti Fakta Penemuan Peradaban Troy Legenda Sepanjang Masa

Sahabat yang terhormat  peradaban di dunia ini memang sangat banyak, namun yang terkenal yaitu peradaban Atlantis, Maya, Viking dan salah satunya yaitu peradaban Troya atau biasa disebut Troy. Di perfilman, bangsa Troy terkenal dengan taktik perangnya menggunakan kuda besar dari besi yang didalamnya bersembunyi prajurit Troy yang siap menyerang bangsa lain. Berikut kami rangkum 5 fakta penemuan peradaban Troy, sebagai berikut :
1. Puisi Homer
Peradaban Troy pertama kali disebutkan dalam Kitab Iliad milik seorang penyair Yunani Kuno yang bernama Homer. Dalam kitab tersebut, Homer mensyairkan tentang kota dan peradaban Troy yang indah dan mirip dengan cerita-cerita peradaban Atlantis ataupun Lemuria.
Dalam kitab Iliad tersebut berisi tentang cerita-cerita kepahlawanan bangsa Yunani. Dalam dua puisi tentang kepahlawanan, Homer menceritakan tentang kota legenda yang bernama Troya; kota tersebut menjadi pusat perang besar pada zaman itu, yaitu Perang Troya.
(sumber:uniknya.com,blogspot.com)
Puisi Homer(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

2. Hisarlik
Menurut seorang cendikiawan dari Inggris, Charles McClaren berpendapat bahwa letak Kota Troy yang dimaksud Homer kemungkinan berada di wilayah Turki. Charles menunjukkan sebuah daerah luas yang disebut Hisarlik, berada dekat dengan daerah Dardanella. Dardanella merupakan sebuah  wilayah laut yang kecil dan menghubungkan laut Hitam dan Laut Aegea.
(sumber:uniknya.com,blogspot.com)
Hisarlik(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

3. Harta Karun Priam
Seorang Arkeolog dari Jerman, Heinrich Schiliemann melakukan penelitian dan penggalian bersama timnya di daerah Hisarlik sekitar tahun 1871. Kemudian para tahun 1873, Heinrich berhasil menemukan reruntuhan kota yang sangat kuno; yang dipercaya sebagai sisa-sisa peradaban Bangsa Troy.
Selain itu, Heinrich disinyalir menemukan harta karun emas dan perak milik raja Troy, Priam. Raja Priam pernah disebutkan dalam puisi-puisi tentang Bangsa Troy. Namun, harta karun tesebut diselundupkan menuju Eropa dan tidak diserahkan kepada pemerintah setempat.
(sumber:uniknya.com,blogspot.com)
. Harta Karun Priam(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

4. Sembilan Lapisan Kota
Pada tahun 1876, Heinrich Schliemann kembali melakukan penggalian di daerah Mycenae, Yunani. Dia menemukan peninggalan yang diduga sebagai makam Agamemnon. Agamemnon merupakan seorang raja yang bermusuhan dengan bangsa Troy, yang juga diceritakan dalam Kitab Iliad milik Homer.
Pada tahun 1890, para ahli kembali menggali daerah Hisarlik dan menemukan sembilan lapisan sisa-sisa kota. Para ahli menduga bahwa umur peradaban Troy dimungkinkan berada satu era dengan peradaban Bangsa Atlantis.
(sumber:uniknya.com,blogspot.com)
Sembilan Lapisan Kota(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

5. Gempa Bumi
Menurut para ahli, peradaban Troy kemungkinan hancur dikarenakan oleh bencana gempa bumi dan banjir besar sebanyak sembilan kali. Setiap orang bangsa Troy yang selamat dari bencana, kembali membangun kota diatas reruntuhan kota sebelumnya. Hal tersebut diperkirakan yang menjadi alasan mengapa ditemukan 9 lapisan sisa-sisa kota Troy.
Peradaban Troy yang diceritakan oleh Homer dalam Kitab Iliad, masih belum diketahui peradaban Troy mana yang dimaksudkan. Menurut Heinrich, Homer mungkin menceritakan peradaban Troy II, lapisan kota kedua dari bawah. Namun, menurut para ahli menyatakan bahwa peradaban Troy diperkirakan sudah ada pada era Zaman Es 11.000 – 10.000 tahun yang lalu.
(sumber:uniknya.com,blogspot.com)
Gempa Bumi(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

Sumber : Terima kasih untuk, uniknya.com

No comments:

Post a Comment